by

Berikut Adalah Cara Menghemat Energi

Cara Menghemat Energi – Kata “Energi” berasal dari bahasa yunani yaitu “ergon” yang berarti kerja.  Menurut KBBI energi didefiniskan sebagai daya atau kekuatan yang diperlukan untuk melakukan berbagai proses kegiatan.

             Energi adalah sebuah kebutuhan manusia yang sangat vital. Kehidupan manusia memang tak bisa lepas dari teori energi. Salah satu energi yang sering digunakan adalah energi bumi dan juga listrik. Akan tetapi, jika energi minyak bumi akan habis jika digunakan secara terus menerus. Hal ini dikarenakan minyak bumi merupakan salah satu sumber energi tak terbarukan.

             Oleh sebab itu, demi menjaga supaya energy yang ada saat ini dapat kita rasakan dan manfaatkan dalam kurun waktu yang lama, maka perlu dari kita semua untuk memulai tindakan hemat energi dari diri sendiri.

             Penghematan energi atau konservasi energi adalah tindakan mengurangi jumlah penggunaan  energi. Menghemat energi berarti tidak menggunakan energi untuk suatu hal yang tidak berguna atau sia-sia. Penghematan energi dapat dicapai dengan penggunaan energi secara  efisien  di mana manfaat yang sama diperoleh dengan menggunakan energi lebih sedikit, ataupun dengan mengurangi konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi.

             Demi mewujudkan program penghematan energi dalam laman Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (kominfo.go.id) Pemerintah Republik Indonesia menyampkaikan kepada masyarakat Indonesia untuk mulai membudayakan penghematan energi (terutama dalam pemakaian energi listrik).

       Dikutip dalam laman kominfo.go.id, Membudayakan hemat listrik dapat dilakukan dari diri sendiri dan dimulai dari hal sederhana untuk mendukung gerakan hemat energi antara lain dengan:

Cara Menghemat Energi
  1. Mematikan lampu saat keluar ruangan,
  2. Mematikan televisi saat tidak digunakan,
  3. Mencetak kertas secara bolak-balik,
  4. Mematikan perangkat elektronik saat tidak digunakan,
  5. Menutup kulkas dengan rapat,
  6. Mematikan pendingin ruangan saat ruangan tidak digunakan,
  7. Mengatur pendingin ruangan pada suhu 24 derajat,
  8. Menggunakan lampu hemat listrik/LED.

             Dalam gerakan ini, Kementerian ESDM mengajak seluruh komponen masyarakat untuk memakai listrik secara efisien yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apabila dilaksanakan secara konsisten, akan menjadi gaya hidup dan jika dilakukan secara masif dapat mendukung upaya mewujudkan kedaulatan energi.

             Berkaitan dengan energi Minyak Bumi (benda mempunyai sifat mudah terbakar, sehingga energi minyak bumi bisa dijadikan berbagai macam bahan bakar, diantaranya yaitu bensin, minyak tanah dan bahan bakar lainnya), untuk melestarikan energi minyak bumi hal yang dapat kita lakukan adalah dengan meningkatkan kesadaran diri sendiri akan pentingnya pemanfaatan energi tersebut secara tepat.

       Dengan kesadaran yang tinggi, setiap orang akan melakukan penghematan supaya energi bisa terus ada hingga masa yang akan datang. Cara menghemat energi minyak bumi itu sendiri diantaranya adalah:

  • Memanfaatkan fasilitas kendaraan umum untuk melakukan perjalanan,
  • Meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi atau jika akan berpergian bersama keluarga cukup gunakan satu mobil saja agar lebih hemat bahan bakar,
  • Gunakan alat-alat yang mudah didaur ulang,
  • Berjalan kaki atau menggunakan sepeda jika berpergian dalam jarak dekat,
  • Mengeksplor energi lain yang dapat menggantikan minyak bumi.

             Dengan melakukan beberapa hal sederhana tersebut, kita dapat membantu program penghematan energi, yang mana akan memberikan kesempatan kepada anak cucu kita untuk dapat menikmati energi tersebut dimasa mendatang

             Selain itu, dengan mengurangi penggunaan bahan bakar, penghematan energi merupakan bagian penting dari mencegah atau mengurangi  perubahan iklim. Dengan kita melakukan penghematan energi, hal tersebut juga sekaligus dapat menyebabkan berkurangnya biaya, serta meningkatnya nilai  lingkungan,  keamanan negara,  keamanan pribadi, serta kenyamanan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed